RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. Identitas
- Satuan Pedidikan : SDLB C Panca Bakti Mulia
- Mata Pelajaran : Bina Diri
- Kelas/Semester : D2/II
- Topik :
- Alokasi Waktu : 1 X 30
I1.
|
Standar Kompetensi
|
: Mampu merawat diri
|
III.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
IV.
|
Kemampuan Awal
|
: 1. Anak dapat menggunakan ikat pinggang dengan baik tanpa
menggunakan bantuan..
3 Anak belum mampu menggunakan ikat pinggang dengan baik
|
V
|
Indikator
| |
A. Kognitif
|
1. Produk :
a. Menyebutkan jenis-jenis bahan ikat pinggang. .
b. Menyebutkan model-model ikat pinggang.
| |
2. Proses:
Menyebutkan langkah-langkah memakai ikat pinggang.
a. Memegang ikat pinggang.
b. Memegang ikat pinggang bagian pangkal dengan tangan kanan.
c. Memegang ikat pinggang bagian ujung dengan tangan kiri.
d. Memasukkan ikat pinggang bagian ujung ke lubang ikat pinggang secara urut. .
e. Menusukkan ujung ikat pinggang ke dalam ke kepala ikat pinggang.
f. Memasukkan ujung ikat pinggang ke lubang sampai selesai.
g. Memasukkan pengait ikat pinggang ke lubang ikat pinggang.
| ||
B. Psikomotor
|
1. Memakai ikat pinggang dengan langkah-langkah sebagai
berikut :
a. a. Memegang ikat pinggang.
b. Memegang ikat pinggang bagian pangkal dengan tangan kanan.
c. Memegang ikat pinggang bagian ujung dengan tangan kiri.
d. Memasukkan ikat pinggang bagian ujung ke lubang ikat pinggang secara urut. .
e. Menusukkan ujung ikat pinggang ke dalam ke kepala ikat pinggang.
f. Memasukkan ujung ikat pinggang ke lubang sampai selesai.
g. Memasukkan pengait ikat pinggang ke lubang ikat pinggang.
| |
C. Afektif
|
:1. Mengembangkan perilaku
a. Teertib
b. Peduli kerapihan
c. Sopan santun
d. Tanggung Jawab
2. Mengembangkan Ketrampilan sosial, meliptuti :
a. Berkomunikasi
b Bersosialisasi
.
| |
VI
|
Tujuan Pembelajaran
| |
A. Kognitif
|
1. Produk :
a. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis ikat pinggang
b. Siswa dapat menyebutkan model-model ikat pinggang.
| |
2. Proses :
-. Siswa menjelaskan langkah-langkah memakai ikat pinggang
dengan baik.
| ||
2. Afektif
|
- Siswa menunjukkan perilaku berkarakter kreatif, rasa ingin
tahu, percaya diri.
| |
3. Psikomotor
| ||
a. Menyebutkan sifat bangun ruang.
b. Membedakan kerangka kubus, balok
| ||
VI.
|
Materi Ajar
| |
VII
|
Alokasi Waktu
|
: 1 X Pertemuan
|
VIII
|
Metode Pembelajaran
|
:
- Ceramah
- Tanya jawab
- Pemberian tugas
- Demonstrasi
|
IX
|
Langkah – langkah Pembelajaran
|
1. Kegiatan Awal (5 menit)
| |
- Mengucapkan salam
- Berdoa bersama
- Mengabsesn kehadiran siswa
- Guru memerikksa kebersihan dan kerapihan berpakaian siswa.
- Nilai karakter : peduli kesehatan, kebersihan, religius
| |
2. Kegiatan Inti (20 menit)
a. Ekplorasi
- Dengan bantuan guru siswa menyebutkan contoh bangun ruang sederhana
- Guru menerangkan contoh bangun ruang dan sifat-sifat bangun ruang.
- Guru menerangkan bentuk kubus yang memiliki 8 titik sudut 6 sisi dan 12
rusuk
- Guru menerangkan bentuk balok yang memiliki 8 titik sudut, 6 sisi dan 12
Rusuk
- Guru menerangkan bedanya kubus dan balok.
- Guru memberi contoh bentuk kubus dan balok sederhana dengan kongkrit,
sehingga peserta didik dapat paham.
b. Elaborasi
- Peserta didik menggambar bangun ruang kubus dan balok.
- Peserta ddiik mencatat sifat-sifat bangun ruang kubus dan balok
c. Konfirmasi
- Peserta didik untuk mengulangi pelajaran secara sekilas atau garis besar.
- Peserta didik satu persatu menunjukkan bangun ruang kubus dan balok
- Peserta didik satu persatu disuruh menggambar kubus dan balok.
3. Penutup (5 menit)
- Peserta didik bersama guru membuat ringkasan materi
- Guru menyampaikan informasi tetntang materi yang akan datang.
- Nilai karakter : Taqwa, disiplin, dan tanggung jawab.
| |
IX
|
Sumber dan Alat Pembelajaran.
a. Sumber Bahan : - Buku Ajar SDLB kelas IV
- Ayo belajar matematika kelas IV
b. Alat pembelajaran : - Gambar bangun kubus, dan balok
- Bangun kubus dan balok
- Kerangka bangun kubus dan balok
|
X
|
Penilaian Hasil Belajar
|
: - Tes tertulis
- Pengamatan
- Unjuk kerja
|
Klaten,
Guru Kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar